Tips Cara Cepat Ngantuk Dalam Hitungan Menit

Hai Sobat..mungkin sobat sekalian sudah tidak asing lagi dengan yang namanya rasa kantuk/ngantuk.

Rasa kantuk yang datang merupakan bentuk isyarat dari sistem yang ada pada tubuh kita guna memulihkan kondisi tubuh pada keadaan normal.

 

6 Isyarat dari rasa kantuk yang harus sobat ketahui :

  1. Rasa kantuk merupakan alarm tubuh kita yang secara alami mengingatkan kita bahwa tubuh memerlukan istirahat.Istirahat yang cukup dengan tidur,maka maka setelah bangun tubuh akan terasa segar. Sebab pada saat tidur tubuh akan memanfaatkan zat kelelahan (asam laktat) untuk diolah kembali di dalam hati sebagai cadangan tenaga umumnya di olah antara jam 24.00 sampai dengan jam 02.00.
  2. Rasa kantuk mengisyaratkan bahwa otak sedang kekurangan oksigen yang dibutuhkan oleh sel-sel otak untuk melakukan aktifitas rutin sehari-hari.
  3. Isyarat tubuh kekurangan kadar gula dalam darah(normal diatas 80.mg/dl) ,dimana untuk melakukan aktivitas secara normal, maka otak hanya mengandalkan pengiriman gula dari aliran darah. Otak tidak mempunyai kemampuan untuk menyimpan gula sebagai cadangan energy. Akibatnya, apabila kadar gula darah turun di bawah 80 mg/dl, maka tubuh akan memberikan sinyal berupa rasa mengantuk.
  4. Isyarat  tubuh  kekurangan zat besi di dalam konsumsi makanan kita akan menyebabkan gangguan pembentukan sel darah merah (eritrosit, hemoglobin). Akibatnya tubuh mengalami anemia. Salah satu fungsi hemoglobin adalah mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Apabila alat pengangkutnya kurang maka oksigen yang beredar termasuk yang ke otak akan berkurang. Dengan demikian kekurangan zat besi akan menyebabkan mudah mengantuk.
  5. Isyarat tubuh kekurangan Biotin juga dapat menyebabkan mengantuk. Biotin adalah vitamin B yang diperlukan untuk metabolisme lemak dan karbohidrat.Biotin ditemukan dalam berbagai makanan dan sumber yang mengandung banyak biotin adalah hati, ginjal, pankreas, telur, susu, ikan dan kacang-kacangan.
  6. Isyarat tubuh kekurangan vitamin ini sangat tidak mungkin terjadi pada orang-orang yang asupan makanannya seimbang. Tetapi mengkonsumsi telur mentah selama beberapa minggu dapat menyebabkan kekurangan biotin karena telur mentah mengandung suatu bahan yang mengikat biotin dalam tubuh sehingga mencegah penyerapannya.

Sobat Tercinta…terkadang di jaman modern sekarang ini,dimana setiap orang dalam keseharian mempunyai beberapa aktifitas yang sangat menyita waktu,fikiran dan tenaga,sehingga hal ini dapat merubah gaya hidup seseorang,dimana ada sebagian orang yang bekerja pada malam hari dan istirahat tidur pada siang hari baik itu setiap hari atau shif sedangkan idealnya aktifitas kerja dilakukan siang hari dan malamnya untuk istirahat.

Karena kondisi keadaan yang menuntut seperti itu,belum lagi faktor lingkungan kerja yang bising,hiruk pikuknya kendaraan ditambah macetnya kendaraan yang menjadi rutinitas keseharian,maka lama-kelamaan dapat menggagu kesehatan,terutama dimulai dengan gangguan tidur malam,serta susahnya untuk mendatangkan rasa kantuk karena fikiran yang tegang setelah seharian beraktifitas.

Sobat,…ada 3 Kebiasaan yang tidak anda sadari yang ternyata dapat menyebabkan susah tidur :

  1. Kebiasaan tidur larut malam dan bangun siang dari biasanya,terutama pada waktu libur kerja,Hal ini akan merubah jam biologis harian anda yang sudah terbentuk sebelumnya.
  2. Kebiasaan makan malam dengan makan makanan yang mengandung lemak dan pedas.
  3. Kebiasaan merokok,minum minuman beralkohol,dan yang mengandung cafein seperti kopi dan teh pada malam hari menjelang waktu tidur.

ada 3 tahapan proses yang dapat segera mendatangkan rasa kantuk :

Tahap 1. Relaksasi

  • atur suhu ruangan yang nyaman di kisaran 18 derajat celsius
  • atur pencahayaan dengan suasana redup
  • jaga dari suasana yang membisingkan pakailah penutup telinga
  • Atur posisi tidur dengan posisi miring ke kanan yang membuat tulang belakang anda lurus dengan kaki seperti pada keadaan berdiri tegak,bantu dengan bantal yang menyangga leher dan kepala tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah,serta gunakan guling untuk menganjal antara dua lutut sehingga bagian kaki lurus dan sejajar.
  • Olahragalah maksimal 3 jam sebelum tidur. Berlarilah, atau pergi ke pusat kebugaran sehingga detak jatuh anda akan berdetak lebih cepat. Hal ini akan membuat anda lebih capek. Namun jika anda kurang dari 3 jam melakukan olahraga, anda malah akan susah tidur karena adrenalin anda sedang terpacu. Jadi lebih baik habiskan dahulu adrenalin anda sebelum anda beranjak tidur.
  • makanlah makanan sehat dengan porsi ringan minimal 3 jam sebelum tidur.
  • makan buah yang dapat membantu melancarkan proses pencernaan yang mengandung zat melantonin seperti tomat,jeru dan pisang.
  • minum secangkir teh 2 jam sebelum tidur.

Tahap 2 menenangkan fikiran

  • lakukan kegiatan yang dapat membuat fikiran menjadi bosan misalnya membaca
  • lakukan relaksasi pernafasan,menghirup udara dari hidung secara perlahan dan teratur dengan mata terpejam,serta buang nafas pelan melalui mulut,visualisasikan fikiran anda pada hal-hal yang dapat membuat anda tenang dan damai ,untuk hasil yang maksimal ambil gerakan melengkungkan jari jari kaki   beberapa kali.

Tahap 3 Membentuk rutinitas yang dapat membuat anda cepat tidur

  • Biasakan pergi tidur pada waktu yang sama sehingga jam biologis anda secara otomatis akan terbentuk.
  • Gunakan ranjang hanya untuk tidur dan sex
  • berjemur di pagi hari sambil menghirup udara padi supaya badan dan fikiran benar-benar fresh.

lakukan 8 tips ini sebelum anda tidur,supaya mendapatkan tidur yang berkualitas.

  1. Mandilah sebelum anda tidur.
  2. Pergi ke kamar mandi terlebih dahulu untuk mencegah anda bangun saat malam.
  3.  Hentikan melihat TV atau komputer satu jam sebelum waktu tidur anda.
  4. Minum minuman hangat satu jam sebelum tidur
  5. Berbaringlah dan santai. Tutup mata dan jernihkan pikiran.
  6. Pertahankan badan anda terdiam dan tidur di posisi nyaman.
  7. Jernihkan pikiran anda dari semua pikiran, cobalah untuk berpikir positif dan visualisasikan suasana tenang.
  8. Konsumsi suplemen yang dapat membantu anda cepat tidur dan sekaligus mengatasi ketidak nyamanan tulang dan persendian yang pegal dan kaku. info obat klik di sini !

 

Gunakan 7 jurus ini ketika nyeri punggung datang menghadang saat anda bangun tidur

Hai Sobat, Pernahkah anda mengalami kejadian saat bagun tidur tiba-tiba punggung anda sakit?

Gejalanya bisa berupa rasa sakit yang datang dan pergi, sendi yang terasa kaku atau sulit digerakkan dan rasa tegang.

Nyeri punggung biasanya dimulai saat usia kita mulai tumbuh uban sekitar 30-40 tahun, dimana pada usia ini telah terjadi proses perubahan baik penipisan/penonjolan cakram antar ruas pada tulang belakang yang berfungsi sebagai peredam getar diantara ruas-ruas tulang belakang.

nyeri punggung saat bangun tidur

6 penyebab nyeri punggung :

  1. osteoartritis
  2. cakram yang menonjol
  3. syaraf terjepit
  4. otot kaku
  5. atau kehamilan
  6. Nyeri punggung dapat dipicu postur tubuh yang salah saat duduk, berdiri, membungkuk, atau efek mengangkat benda yang berat.

2 Klasifikasi nyeri punggung menurut  dr. Jony Sieman, SP. RM (spesial rehabilitasi medik) :

  1. Nyeri punggung mekanik. Yang berhubungan dengan pergerakan, sikap tubuh, serta trauma. Misalnya, nyeri karena terjatuh atau terbentur sesuatu sehingga menimbulkan cedera atau memar di otot punggung dan sekitarnya.Selain itu, nyeri juga bisa berhubungan dengan adanya kelainan anatomis. Contohnya, tulang belakang tidak dalam bentuk lengkungan yang baik atau bantalan tulang rawan mengalami kerusakan.
  2. Nyeri punggung non sistemik atau non mekanik, identik dengan penyakit yang menyebar ke banyak bagian tubuh dan peradangan.Misalnya Rheumatoid Arthirtis (RA), penyakit yang menyerang persendian beserta urat-urat dan ototnya. Alhasil sendi serta otot menjadi kaku, bengkak, dan terasa nyeri berkepanjangan.Nyeri punggung karena TBC tulang adalah contoh nyeri sistemik karena infeksi dan tidak mudah diatasi dengan obat-obatan penghilang nyeri. Sst.. kanker pun bisa meyebabkan nyeri punggung. CC

7 jurus ini ketika nyeri punggung datang menghadang saat anda bangun tidur:

  1. Jika terjadi sakit dan peradangan lakukan pengompresan dingin dengan es batu.
  2. Setelah rasa sakit mereda,ganti dengan pengompresan hangat menggunakan handuk yang sudah direndamkan pada air hangat pakai garam.atau menggosoknya dengan balsem hangat
  3. Minum ramuan hangat jahe madu untuk melancarkan peredaran darah
  4. Lakukan aktifitas gerak ,berjalan,untuk merangsang hormon endorphin dalam tubuh anda agar aktif menahan rasa sakit
  5. Jangan mengistirahatkan punggung yang sakit dalam waktu lama di tempat tidur,hal ini akan menyebabkan sakit lebih parah karena akan membuat tulang punggung tambah kaku.
  6. Rubahlah gaya hidup supaya lebih sehat seperti :hindari rokok,kurang gerak bermalas-malasan,kurangi makan makanan berlemak tinggi,perbanyak makan buah,sayur dan susu yang banyak mengandung calsium
  7. Gunakanlan obat alami pereda sakit sekaligus untuk menguatkan tulang seperti QNC Jelly Gamat Klik di sini Info khasiat QNC Jelly gamat

lakukan 7 persiapan sebelum tidur supaya bangun pagi anda lebih fresh dan berenergi

Hai Sobat ! Apakah anda sering mengalami susah tidur?

cara mengatasi insomnia

semakin dipejamkan mata malah kantuk semakin sirna,belum lagi badan terutama kaki terasa pegal dan kesemutan .sekalipun tertidur …tapi ..tidak nyenyak..gelisah…mimpi buruk…dll….yang akhirnya pas bagun pagi …bukan segar dan berenergi yang anda rasakan, justru malah sebaliknya seperti:

  • Kelopak mata berat
  • pandangan mata kabur
  • badan lelah
  • terus menguap
  • Mudah marah dan tersinggung
  • pikiran kurang konsentrasi

Jika hal di atas setiap hari terus berulang,Bukan tidak mustahil berbagai keluhan penyakit yang disebabkan kurangnya tubuh istirahat seperti penyakit yang umum Sakit kepala migrain,tekanan darah tinggi,diabetes,angin duduk gangguan pencernaan dll akan segera menghampiri anda.

Kalau sudah tertimpa penyakit…tentu saja kita akan mengalami berbagai macam kehilangan baik materi,phykologis,bahkan kehilangan nyawa.

Sobat,Berbicara mengenai gangguan tidur yang kerap menyerang kita kapan saja dan dimana saja.Menurut para ahli kesehatan ada beberapa jenis gangguan tidur yang umum diderita 8 diantaranya yaitu :

  1. Sleep Apnea atau Apnea Tidur Yaitu kondisi terganggunya pernapasan karena dinding tenggorokan yang mengalami relaksasi dan menyempit ketika kita sedang tertidur. Apnea tidur sendiri terbagi menjadi dua, apnea tidur obstruksi yang muncul akibat otot tenggorokan yang mengalami relaksasi berlebihan dan apnea tidur central yang muncul karena otak tidak mengirimkan sinyal pada otot untuk mengatur pernapasan.
  2. Insomnia
    Yaitu kondisi saat seseorang mengalami kesulitan untuk tidur atau tidak bisa tidur cukup lama sesuai dengan waktu yang dibutuhkan tubuh, meski dia memiliki kesempatan untuk melakukannya.
  3. Narkolepsi
    Kondisi ini melibatkan kelainan pada saraf yang mempengaruhi kendali seseorang tentang waktu tidur dan bangun. Orang yang mengalami narkolepsi akan mengalami gejala-gejala:

    • Merasa mengantuk pada siang hari.
    • Halusinasi. Kondisi ketika seseorang mengalami khayalan yang terasa jelas dan bisa menakutkan.
    • Kelumpuhan tidur. Kondisi ketika terjadi ketidakmampuan untuk bergerak atau bicara saat hampir tertidur atau sedang bangun dari tidur. Kelumpuhan ini berlangsung selama beberapa menit.
    • Kelemahan otot secara tiba-tiba dan ketidakmampuan mengendalikan otot tubuh.
  4. Kelainan Ritme Sirkadian
    Yaitu kondisi ketika terjadi gangguan pada ritme sirkadian seseorang. Ritme sirkadian atau jam internal tubuh adalah jam biologis yang mengatur siklus di dalam tubuh manusia selama 24 jam. Ritme sirkadian inilah yang menentukan kapan kita terbangun dan kapan kita tertidur.

    Beberapa hal yang menyebabkan terjadinya kelainan pada ritme sirkadian tubuh adalah:

    •     Sistem kerja sif.
    •     Melintasi daerah antar zona waktu.
    •     Pengaruh obat-obatan.
    •     Kehamilan.
    •     Gangguan mental.
  5. Hipersomnia
    Ini adalah kondisi ketika seseorang tidur secara berlebihan atau mengalami kesulitan untuk tetap terjaga pada siang hari. Orang yang mengalami kondisi ini bisa tertidur kapan saja, baik saat bekerja, atau saat mengemudi. Selain itu, mereka akan mengalami kekurangan energi dan kesulitan untuk berkonsentrasi.
  6. Sindrom Kaki Gelisah
    Kondisi ini ditandai dengan munculnya keinginan yang tidak bisa dijelaskan untuk menggerakkan kaki, terkadang disertai dengan sensasi kesemutan. Pada kebanyakan kasus, dokter tidak mengetahui apa yang menyebabkan munculnya kondisi ini, tapi mereka mencurigai faktor keturunan memiliki peran dalam terjadinya sindrom kaki gelisah.
  7. Mendengkur
    Kondisi ini muncul ketika aliran udara melalui hidung dan mulut terganggu. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai alasan, seperti:

    •     Saluran hidung yang terganggu.
    •     Massa otot yang buruk di bagian tenggorokan dan lidah.
    •     Langit-langit mulut terlalu lunak.
    •     Jaringan tenggorokan terlalu tebal.
  8. Tidur dengan Gerak Mata Cepat atau Tidur REM
    Gangguan tidur jenis ini ditandai dengan terjadinya gerakan-gerakan fisik yang jelas, mimpi buruk disertai dengan suara vokal dan terjadi secara tiba-tiba, dan disertai gerakan kaki dan tangan ketika tertidur. Kondisi ini bisa digambarkan sebagai seseorang yang bergerak sesuai dengan mimpinya.

    • Parasomnia Gangguan tidur jenis ini adalah kondisi yang muncul akibat seseorang mengalami tidur gerak mata cepat atau tidur REM. Berikut beberapa bentuk dari parasomnia:
    • Mimpi buruk. Ini adalah kejadian pada malam hari yang bisa menimbulkan perasaan takut, kengerian, dan kecemasan. Mimpi buruk bisa disebabkan oleh banyak hal, misalnya sakit, rasa cemas, efek negatif dari obat-obatan, kehilangan orang yang disayangi, dan lain-lainnya.
    • Tidur berjalan. Ini adalah kondisi ketika seseorang akan berdiri dan berjalan selagi mereka tertidur. Pada kebanyakan kasus, tidur berjalan terjadi pada anak-anak di usia 4-8 tahun, tapi bisa juga terjadi pada orang dewasa. Mata seseorang yang tidur berjalan biasa terlihat terbuka. Jika ditanya, dia mungkin akan merespons dengan lambat atau tidak merespons sama sekali. Kondisi ini bisa disebabkan oleh jam tidur yang kacau, stres, mabuk, atau karena mengonsumsi obat-obatan penenang.
    • Lumpuh tidur atau ketindihan. Ini adalah kondisi seseorang yang terbangun atau sadar, tapi tidak bisa bergerak, biasanya muncul ketika seseorang sedang berada pada fase terbangun dan tidur. Anda tidak akan bisa bergerak atau bicara ketika mengalami kondisi ini selama beberapa detik atau beberapa menit.
    • Menggeretakkan gigi. Yaitu kondisi seseorang yang suka menggeretakkan gigi atau menggenggamkan gigi ketika tertidur. Hal ini umum terjadi. Penyebab orang menggeretakkan gigi tidak diketahui, tapi risiko kondisi ini meningkat jika orang mengalami situasi yang melelahkan, hilang atau copotnya gigi, dan karena gigitan yang aneh. Pelindung gigi bisa digunakan untuk mencegah kondisi ini.
    • Mengompol. Kondisi seseorang, terutama anak-anak, yang tidak bisa menahan kencing pada malam hari.Mengompol yang terjadi pada orang dewasa umumnya disebabkan oleh infeksi saluran kencing, diabetes, gangguan saraf, gangguan emosi, kelainan struktur tubuh.

Perlu sobat ketahui bahwa kebutuhan tidur seseorang menurut National Sleep Foaundatian (NSF)Amerika bisa dibagi menjadi 9 katagori berdasarkan usia :

  1. Bayi (0-3 bulan )   masa tidur : 14-17 jam per hari
  2. Bayi (4-11bulan) masa tidur : 12-15 jam per hari
  3. Batita (1-2 tahun) masa tidur : 11-14 jam per hari
  4. Balita (3-5 tahun) masa tidur : 11-13 jam per hari
  5. Anak (6-13 tahun) masa tidur : 9-11 jam per hari
  6. Remaja(14-17 th) masa tidur : 8-10 jam per hari
  7. Menuju dewasa(18-25 th) masa tidur : 7-9 jam per hari
  8. Dewasa (26-64 th) masa tidur 7-9 jan per hari
  9. Lansia (65 ke atas) masa tidur 7-8 jam per hari

Sobat tercinta, ada 6 faktor utama penyebab seseorang susah tidur

  1. Faktor Physikologis perasaan stress dan depresi
  2. Faktor kekelahan fisik akibat pekerjaan berat
  3. Faktor Penyakit seperti Asma,diabetes,asam urat dll
  4. Faktor Pola makan : kebiasaan makan makanan dan minuman yang kurang sehat menjelang tidur seperti kopi,eskrim,alkohol,daging merah, makanan berlemak tinggi dll
  5. Faktor lingkungan :kebersihan badan,pakaian,kamar tidur dan tempat tidur.
  6. Faktor gaya hidup yang tidak  sehat : merokok,Kurang olah raga

Nah Sobat …lakukan 7 persiapan sebelum tidur supaya bangun pagi anda lebih fresh dan berenergi

  1. Jadwalkan waktu berangkat tidur secara konsisten sehingga jam biologis tubuh akan terbentuk memberi sinyal kantuk secara rutin pada jam yang sama setiap kali hendak pergi tidur.
  2. Jaga Kebersihan badan,biasakan mandi setelah pulang kerja,ganti pakaian dengan pakaian tidur yang bersih, nyaman dan longgar
  3. Jaga kebersihan dan kerapihan tempat tidur,hindari kamar yang berfungsi merangkap gudang tempat menyimpan barang dan pakaian yang bergelantungan,apalagi tempat mengimpan makanan.
  4. Periksa kenyamanan kasur,bantal,usahakan harus sesuai dengan lekuk badan dengan posisi tulang belakanng lurus seperti saat kita berdiri.
  5. Usahakan ventilasi udara kamar anda supaya ada pada suhu 18 derajat celsius,dengan cahaya yang redup
  6. Ambil posisi tidur yang baik,berbaring ke arah kanan dengan posisi jantung di bagian atas,sehingga jantung anda tidak tertekan saat tidur
  7. Berdoalah sebelum tidur,berserah diri kepada Alloh SWT,jika gelisah,pejamkan mata, lepaskan fikiran dan berusaha rilex,tarik dan ambil nafas secara perlahan dan beraturan,serta buang perlahan melalui hidung

Disamping ke tujuh hal di atas ada beberapa hal penting  yang harus sobat hindari ketika menjelang tidur

  • Hindari penggunaan obat nyamuk dengan waktu yang bersamaan dengan waktu tidur anda,usahakan pengunaan obat nyamuk waktunya jauh sebelum waktu tidur anda 1-2 jam.
  • Jangan membawa pekerjaan ke tempat tidur,juga makanan.
  • Hindari nonton televisi menjelang tidur
  • Hindari penggunaan Hp menjelang tidur,untuk kenyamanan sebaiknya dimatikan.

Info Suplemen sekaligus obat alami untuk mengatasi susah tidur KLIK DI SINI